Bakal Ada Lumbung Air di Gresik

SWARAGRESIK – Guna meningkatkan swasembada pangan di Gresik, salah satu upaya inovasi yang bakal dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam waktu dekat adalah, membangun lumbung air di lahan seluas 49,9 hektar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, saat memberikan pembekalan terhadap peserta KKN PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, bertempat di ruang Putri Cempo Kantor Bupati Gresik, Senin (25/6/2018).

“Pemerintah Kabupaten Gresik terus berupaya memaksimalkan peningkatan swasembada pangan, dengan inovasi-inovasi baru. Tentunya inovasi tersebut, sangat berdampak positif bagi masyarakat,” ujar Sambari.

Sambari dan Pemkab Gresik berharap, pembangunan lumbung air nantinya akan mampu menampung air guna didistribusikan untuk lahan-lahan pertanian yang ada di Gresik. Termasuk, sebagai antisipasi bila sedang musim kemarau.

Di hadapan 30 mahasiswa peserta KKN yang mayoritas dari Fakultas Pertanian UGM tersebut, Bupati juga menjelaskan, potensi pertanian di Gresik juga sangat baik perkembangannya. Terlebih, sistem pertanian yang diterapkan adalah sistem jajar legowo.

“Selain mengabdikan diri kepada masyarakat, saya berharap kepada anda sekalian (mahasiswa peserta KKN) untuk dapat menggali ilmu terkait teknologi pertanian yang sudah diterapkan di Gresik,” ucap dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here