Bupati Berharap ASN di Gresik Paham Aturan Sesuai Tugas dan Fungsi

SWARAGRESIK – Banyaknya peraturan mulai dari undang-undang, Peraturan Presiden (Perpres), Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Bupati (Perbup), Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Kepegawaian, membuat Bupati Gresik berpesan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar paham dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Kita dipaksa untuk patuh pada semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal ini, kita harus menguasai peraturan sesuai tugas pokok dan fungsi. Jangan sampai, karena kita tidak menguasai aturannya, kita akan terjebak,” ujar Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat membuka acara sosialisasi Peraturan kepegawaian 2018 di Ruang Mandala Bakti Praja, kompleks Kantor Bupati Gresik, Rabu (29/8/2018).

Sambari lantas mencontohkan, ketika dirinya mendisposisi surat, ia selalu menuliskan kalimat ‘laksanakan sesuai peraturan dan mekanisme yang berlaku’. Kalaupun ada keraguan, ia memilih untuk mendisposisi surat tersebut agar membuat telaah bagi staf. Selanjutnya, ia mendisposisi kembali dengan kalimat, laksanakan sesuai telaah.

“Ini contoh-contoh agar kita bijak dalam menjalankan tugas. Anda sebagai pelaksana harus juga bijak melaksanakan tugas, tentunya harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Jangan sampai anda melaksanakan tugas yang salah dan melanggar, karena dipaksa oleh atasan. Anda jangan mau,” tandasnya.

Selain Bupati Gresik, acara tersebut juga dihadiri para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Gresik, serta Nurhasanah selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional II Jawa Timur.

Adapun menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Gresik Nadhif, acara sosialisasi peraturan kepegawaian 2018 kali ini, diikuti total sebanyak 130 pejabat yang ada di lingkup Pemkab Gresik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here