Camat dan OPD Gresik Berkumpul Bahas Ancaman Kekeringan

SWARAGRESIK – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, meminta kepada seluruh Camat se-Kabupaten Gresik, untuk melaporkan kekeringan serta kebutuhan air bersih kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bupati juga memerintahkan, supaya seluruh OPD serta Camat untuk selalu tetap koordinasi dengan tiga pilar, baik dengan Forkopimda di tingkat Kabupaten maupun Muspika di tingkat Kecamatan.

“Tolong didata, utamanya kepada Camat terkait kebutuhan air bersih untuk wilayah desa dan dusun terdampak kekeringan. Jumlah kepala keluarga serta jumlah RT dan RW. Serta didata lagi, berapa sumber air yang bisa dimanfaatkan,” ujar Sambari, dalam rapat yang berlangsung di Ruang Grahita Eka Praja, kantor Bupati Gresik, Jumat (21/9/2018).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim, Sekda Gresik Djoko Sulistiohadi, perwakilan dari Polres Gresik, Kodim 0817 Gresik, serta Kejaksaan Negeri Gresik. Sambari pun meminta bantuan ke beberapa perusahaan yang ada di Gresik baik BUMN, BUMD maupun beberapa perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“PDAM Gresik, sudah siap membantu minimal 20 tanki per hari dan ini bisa lebih. Tolong kepada BPBD untuk berkoordinasi untuk bantuan air kepada perusahaan yang ada di Gresik. Sekali lagi permintaan bantuan dalam bentuk air dalam tanki, jangan mau bantuan dalam bentuk lain. Pendistribusiannya, juga harus berkoordinasi dengan kita,” ucap dia.

Bupati Gresik juga menyoroti seringnya terjadi kebakaran akhir-akhir ini, dengan ia meminta kepada Kepala Satpol PP Gresik Abuhasan yang hadir dalam rapat, untuk mengoptimalkan armada yang ada serta membaginya dalam tiga kelompok wilayah. Yakni, selatan (Driyorejo), tengah (Kota), dan utara (Dukun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here