Dinas Pertanahan Berhasil Sertifikatkan 592 Aset Tanah Pemkab Gresik

SWARAGRESIK – Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Gresik Achmad Nuruddin mengatakan, pihaknya berhasil mendata dan melakukan sertifikasi tanah aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik sebanyak 592 bidang.

Dari sebanyak 592 bidang aset Pemkab Gresik tersebut, tersebar di empat kecamatan berbeda. Yakni, ada yang berada di Kecamatan Kedamean, Benjeng, Balongpanggang, maupun Duduksampean.

“Jumlah tersebut terbilang masih kecil dibandingkan seluruh total aset tanah Pemkab Gresik, yang mencapai 1.643 bidang. Jadi masih ada 1.057 bidang yang belum kami selesaikan,” kata Nuruddin, saat menerima kunjungan kerja rombongan dari Pemkab Banjar, Kalimantan Selatan, di ruang Puteri Cempo Kantor Bupati Gresik, Kamis (27/9/2018).

Selain berhasil mensertifikatkan tanah aset Pemkab Gresik, Nuruddin mengaku, pihaknya juga berhasil ikut serta dalam pembebasan lahan dan pengadaan lahan berbagai proyek di wilayah Gresik.

“Meski kami Dinas dengan kategori C, tapi kami sempat menasional terutama saat pembebasan lahan jalan Duduksampean dan lahan Jembatan Sembayat,” jelasnya.

Adapun agenda kunjungan rombongan Pemkab Banjar ke Gresik sendiri, memang terkait dengan studi banding yang dilakukan, lantaran keterbatasan jumlah dinas pertanahan yang ada di Indonesia. Dengan di Jawa Timur, hanya ada di Malang dan Gresik, dengan lain menyatu antara Dinas dengan Badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here