DPRD Gresik Gencar Sosialisasi Desa Mandiri

SWARAGRESIK – Jajaran DPRD Gresik terus gencar melakukan sosialiasi, dalam rangka mewujudkan pemerintahan desa mandiri yang ada di wilayah Gresik. Terbaru, Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qolib, melaksanakan agenda tersebut di Kecamatan Manyar, Kamis (10/1/2019).

Dalam agenda yang melibatkan para kepala desa di wilayah Kecamatan Manyar tersebut, Nur Qolib menjelaskan pentingnya kehadiran desa mandiri, dengan disaksikan langsung oleh Camat Manyar, Suyono.

“Saya sendiri berharap, nantinya dari sebanyak 330 desa yang ada di Gresik, dapat muncul desa mandiri minimal satu atau maksimal dua desa di setiap kecamatan sebagai langkah awal,” ujar Nur Qolib, selepas memberikan materi sosialisasi di kantor Kecamatan Manyar.

Adapun materi terkait Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) pemerintahan desa, dan regulasi sebagai payung hukum juga sempat diberikan. Mulai peraturan bupati (perbup), peraturan daerah (perda), peraturan pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2015 amandemen PP Nomor 43 th 2014, hingga undang-undang (UU) Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa, dan Permendagri Nomor 84 tahun 2015 tentang SOTK.

“Inti dari gerakan ini adalah, bagaimana kemandirian desa bisa terwujud dan kesejahteraan masyarakat bisa merata,” jelasnya.

Pada saat pelaksanaan agenda, para kepala desa yang hadir dalam kegiatan tersebut juga diajak untuk saling bertukar pikiran, terkait potensi yang ada di desanya masing-masing untuk menuju menjadi desa mandiri.