DPRD Siap Gelar Seminar “Jejak Rekam DPRD Gresik”

SWARAGRESIK – Setelah sukses menggelar agenda bedah buku karya Abdul Abbas berjudul ‘Jejak Rekam DPRD Gresik’ bersama Komunitas Wartawan Gresik (KWG), pada Bulan Oktober 2018 lalu, jajaran DPRD Gresik berkeinginan untuk melanjutkan pembahasan dengan menggelar seminar.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Gresik Mohammad Syafi’ AM, meski pelaksanaan agenda seminar mengenai buku ‘Jejak Rekam DPRD Gresik’ tersebut, dipastikan tidak dilaksanakan pada tahun ini.

“Mungkin pada 2019 nanti disiapkan untuk seminar, untuk menajamkan hasil penelitian para sejarawan dan budayawan, mengenai hari jadi Pemkab bukan kota. Karena itu ujung-ujungnya pasti mengubah Perda (Peraturan Daerah),” ujar Syafi’ dalam acara jumpa pers di DPRD Gresik, Selasa (4/12/2018).

Sebelumnya, agenda bedah buku tersebut sudah sempat dilaksanakan dengan menghadirkan Abdul Abbas dan Muchammad Toha, sejarawan dari Balai Diklat Kemenag Surabaya sebagai narasumber.

Dengan acara pada saat itu, dihadiri oleh ratusan undangan. Mulai dari pimpinan dan anggota DPRD, para petinggi Parpol di Gresik, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta berbagai elemen masyarakat.

Adapun Abdul Abbas menyatakan, penulisan buku setebal 198 halaman terinisiasi dari banyaknya sejarah Gresik yang tidak tersampaikan. Karena menurutnya, hingga saat ini masih banyak masyarakat Gresik yang tidak mengetahui sejarah kotanya, sejak era Mojopahit hingga berdirinya Pemkab Gresik. Dengan yang menjadi sorotan, soal Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Gresik yang selama ini diperingati setiap tanggal 27 Februari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here