Hanya PKPI yang Tidak Serahkan LSDK ke KPU Gresik

SWARAGRESIK – Partai Politik (Parpol) yang bakal mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di wilayah Gresik, telah mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik untuk menyerahkan Laporan Sumbangan Dana Kampanye (LSDK).

Secara serentak mereka mendatangi kantor KPU Gresik untuk menyerahkan LSDK, pada Rabu (2/1/2019) kemarin, lantaran KPU Gresik hanya memberikan batas waktu penyerahan hingga pukul 18.00 WIB.

Namun dari rentang waktu yang telah diberikan, ada satu Parpol yang tidak kunjung menyerahkan LSDK yakni PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia) Gresik. Sementara Parpol lain, secara bergantian datang ke KPU untuk menyerahkan LSDK masing-masing.

“Meski demikian, untuk tahapan ini tidak ada sanksi bagi Parpol yang tidak atau belum menyerahkan LSDK,” ujar Choiruz Ziman, yang menjabat sebagai Divisi Hukum KPU Gresik, Kamis (3/1/2019).

Ia lantas menjelaskan, selain PKPI Gresik semua Parpol yang bakal mengikuti Pemilu 2019 mendatang telah menyerahkan LSDK masing-masing kepada KPU Gresik. Dimulai dari perwakilan PKS, dengan yang terakhir menyerahkan adalah Partai Demokrat Gresik.

KPU Gresik menyatakan, memang diperlukan transparansi sumbangan dana kampanye kepada Parpol yang bakal mengikuti Pemilu 2019 mendatang, dengan hal itu akan dinilai langsung oleh masyarakat.