Jaringan Air Bersih Untuk Warga 4 Desa di Ujungpangkah

SWARAGRESIK – Guna menyalurkan CSR (Corporate System Responsibility), SKK Migas-PGN Saka membangun fasilitas jaringan air bersih di empat desa ring satu perseroan di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Yakni, Desa Pangkahkulon, Pangkahwetan, Banyuurip, serta Ngimboh.

Sarana yang diresmikan, Kamis (2/8/2018) ini diklaim memiliki kapasitas 75.000 liter dan mampu menyalurkan air bersih ke 616 sambungan rumah tangga (SR), dengan total panjang pipa mencapai 12.200 meter.

“Pembangunan fasilitas ini, merupakan salah satu program CSR dari PGN Saka untuk empat desa yang termasuk dalam ring satu perseroan. Semoga bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Purwanto Nugroho, Vice President Government Relations & Social Responsibility PGN Saka.

Adapun Ahmad Fauron yang menjabat sebagai Kepala Desa Pangkahkulon, menyambut baik upaya dari perseroan dalam membantu menyediakan fasilitas air bersih kepada warganya. Karena sebelumnya, di desa yang dipimpinnya terdapat dua dusun yang sempat kesulitan akan pasokan air bersih, yakni Krajan 2 dan Kalingapuri.

“Untuk selanjutnya, pengelolaan sarana air bersih ini dikelola oleh empat Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) yang dipilih secara partisipatif di masing-masing desa,” kata Fauron.

Sementara Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, berharap penyaluran CSR PGN Saka disalurkan dengan baik ke masyarakat khususnya di ring satu perseroan. Terlebih program yang digagas oleh PGN Saka berupa penyediaan air bersih, sejalan dengan visi program Pemkab Gresik tentang pembuatan seribu sumur bor.