Jelang Ramadhan, Polres Musnahkan Ribuan Botol Miras

SWARAGRESIK – Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1439 H, jajaran Polres Gresik memusnahkan sebanyak 2.387 botol minuman keras (miras), hasil dari razia yang digelar dari tanggal 13 April hingga 9 Mei 2018 lalu.

Adapun barang bukti miras yang berhasil diamankan, mulai dari paloma, bir, mension house, wisky, iceland, topi miring, vodka, tuak, maupun arak. Dengan total sebanyak 158 kasus yang berhasil diungkap, 88 kasus penjual illegal dan 70 kasus pengguna atau pemabuk.

“Dengan sebanyak 156 kasus dimasukkan dalam kategori tipiring (tindak pidana ringan), dan dua kasus dalam tindak pidana. Ada dua tersangka diamankan oleh pihak kepolisian, dengan inisial IM dan TW,” tutur Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, Jumat (11/5/2018).

IM diamankan pihak kepolisian, karena ditengarai sebagai produsen miras oplosan berlabel vodka, yang berhasil diamankan oleh Satreskrim (Satuan Reserse Kriminal) Polres Gresik, pada Rabu (2/5/2018) lalu. Sementara tersangka TW, diamankan pihak kepolisian atas kepemilikan 204 botol arak.

“Khusus yang IM, kami coba kembangkan bersama dengan Polres Kediri. Karena diketahui mereka memproduksi minuman keras itu di Kediri, dan hendak diedarkan di sini. Produsen barang haram itu yang hendak kami telusuri,” jelasnya.

Atas perbuatan yang dilakukan, kedua tersangka terancam Pasal 140 atau Pasal 86 ayat (2) atau Pasal 142 junto Pasal 91 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan, dengan ancaman hukuman pidana maksimal 15 tahun penjara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here