KONI-Pemkab Gresik Sosialisasi Pentaque yang Akan Dipertandingkan di Porprov 2019

SWARAGRESIK – Pentaque adalah salah satu cabang olahraga (cabor) baru, yang akan dipertandingkan di gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2019. Lantaran baru, KONI dan juga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Gresik lantas menyelenggarakan Training of Trainer (TOT).

Agenda tersebut dilaksanakan di gedung Putri Mijil Komplek Pendopo Bupati Gresik, Selasa (13/11/2018), dengan dibuka oleh Kepala Dispora Gresik Sentot Supriyohadi. Dengan acara diikuti sebanyak 70 peserta, mulai dari guru olahraga, atlet, dan beberapa pemuda pemerhati olahraga yang ada di Kabupaten Gresik.

“Selama tiga hari ini, anda harus berinteraksi penuh dengan para instruktur. Selain itu, anda juga akan berlatih memainkan permainan cabor petank (petanque) ini,” ujar Sentot.

Ia mengatakan, Porprov Jawa Timur 2019 yang akan berlangsung di beberapa kabupaten termasuk Gresik, bakal dilaksanakan pada Bulan Juli. Sehingga dengan terbatasnya waktu, sekitar enam bulan ke depan, maka mereka harus mempersiapkan latihan dengan baik.

Sementara Pengurus KONI Gresik yang juga selaku Ketua Panitia Suswanto yang mendampingi Pengurus KONI Provinsi Jawa Timur mengatakan, cabor Petanque ini di Gresik terbilang baru, sehingga belum banyak diketahui oleh masyarakat.

“Olahraga petanque sendiri berasal dari Perancis. Olahraga ini sudah ada sejak sekitar tahun 1907-an. Masyarakat Perancis serta negara bekas jajahan perancis memainkan olahraga tersebut. Pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada ajang SEA Games tahun 2011 di Palembang,” ucap Suswanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here