Liburan di Gresik Tak Ada Salahnya Kunjungi Pantai Dalegan

Bagi yang berada di Kabupaten Gresik dan sekitarnya serta mendambakan berlibur ke pantai, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Pantai Dalegan, yang berada di Desa Dalegan, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur.

Obyek wisata ini terletak 40 kilometer dari pusat kota Gresik, yang bisa ditempuh dengan menggunakan jalur darat.

Meski berada di wilayah Kabupaten Gresik, namun lokasi Pantai Dalegan juga sebenarnya tidak jauh dari Lamongan. Sehingga lokasi destinasi wisata ini bisa ditempuh melalui Gresik maupun Lamongan. Pantai Dalegan di Gresik, Jatim, cocok sebagai tempat liburan bersama anggota keluarga. Pantai Dalegan di Gresik, Jatim, cocok sebagai tempat liburan bersama anggota keluarga.

Untuk calon pengunjung yang berasal dari arah Gresik atau Surabaya, bisa melewati Sidayu yang dilanjutkan melalui hutan jati Panceng. Sementara bila berasal dari arah Lamongan, bisa mengikuti jalur Wisata Bahari Lamongan (WBL) menuju ke arah timur.

“Di sini memang yang ramai itu pada saat liburan saja. Kalau hari-hari biasa, pengunjungnya nggak terlalu ramai. Tapi kalau sudah waktu liburan, bisa penuh pantai itu,” ujar salah satu pedagang yang ada di Pantai Dalegan, Mustika (40), Rabu (29/11/2017).

Dengan luas sekitar 2,5 hektar, di mana secara geografis wilayah utara Kabupaten Gresik berbatasan langsung dengan Laut Jawa, Pantai Dalegan memang menyajikan hamparan pasir putih dengan dipadu konsep wisata air pada umumnya seperti permainan ban, layang-layang, sewa perahu, hingga memancing. Salah satu spot yang ada di kawasan wisata Pantai Dalegan, Gresik, Jawa Timur. Salah satu spot yang ada di kawasan wisata Pantai Dalegan, Gresik, Jawa Timur.

“Selain bermain dengan anaknya di pasir putih, rata-rata pengunjung yang datang ke sini itu kebanyakan sewa ban (pelampung) untuk bermain di air, dan perahu kalau ingin lebih ke tengah (laut),” katanya. Hamparan pasir putih dipadu dengan ombak yang tidak terlalu tinggi, Pantai Dalegan memang cocok sebagai salah satu tempat wisata bagi keluarga dan anak-anak. Di mana untuk hari biasa, pengunjung pantai Dalegan diperkirakan berjumlah puluhan, sementara kalau liburan bisa mencapai ratusan hingga ribuan pengunjung.

“Biasanya kalau yang paling ramai, selama saya berjualan di sini, itu pada saat libur panjang, setelah hari raya dan tahun baru,” tutur Mustika yang sudah enam tahun berjualan di pantai Dalegan. Pada hari biasa, Pantai Dalegan, Gresik, Jatim, memang terbilang sepi dari pengunjung. Pada hari biasa, Pantai Dalegan, Gresik, Jatim, memang terbilang sepi dari pengunjung.

Untuk pengunjung yang ingin meluangkan waktu liburan di Pantai Dalegan dengan menyewa pelampung dari ban bekas, sudah ada sederet pihak yang menyewakan di pinggir pantai, dengan banderol antara Rp 5.000 untuk ukuran yang paling kecil, hingga Rp 20.000 untuk ukuran yang paling besar. Pelampung dari ban bekas ini bisa digunakan untuk menikmati air laut, sekaligus becanda dengan buah hati. Di mana pembayaran sewa untuk pelampung itu bersifat sepuasnya, sampai pengunjung pulang. “Sekali bayar dan tidak dibatasi waktu. Kalau pengunjung sudah bayar, ya bisa dipakai sepuasnya sampai mereka mau pulang,” kata salah satu pihak yang menyewakan pelampung dari ban bekas, Azizah (36).

Para penjual makanan Pantai Dalegan, Gresik, Jatim, yang siap kembali mengisi kekosongan perut, usai seharian becanda dengan keluarga. Para penjual makanan Pantai Dalegan, Gresik, Jatim, yang siap kembali mengisi kekosongan perut, usai seharian becanda dengan keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here