Peringati Hari Sumpah Pemuda Dengan Pakaian Adat

SWARAGRESIK – Sebanyak 34 pasang muda-mudi sengaja berpakaian adat daerah, dalam upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang diselenggarakan di halaman kantor Bupati Gresik, Senin (29/10/2018).

Agenda tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, dengan diikuti anggota TNI Kodam 0817 Gresik, Polres Gresik, Satpol PP Gresik, Dinas Perhubungan Gresik, BPBD Gresik, Pemuda Pancasila Gresik, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda LDII Gresik, PGRI, serta para PNS di lingkup Pemkab Gresik.

“Kita semua berutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928, yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Bupati mengajak untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia, sekaligus berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia,” ujar Sambari menirukan pidato tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Gresik kali ini tampak berbeda, dengan balutan tema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’. Selain muda-mudi berpakaian adat daerah, di depan panggung kehormatan tepatnya di bawah panggung juga tergambar peta Indonesia.

Di situ kemudian pasangan muda-mudi berpakaian adat daerah itu didaulat untuk menempati daerah yang sesuai dengan pakaian daerah yang dikenakan. Pertama dipanggil yang berpakaian adat Aceh, diikuti daerah-daerah lain dengan yang terakhir dari Papua.

“Mereka sengaja berpakaian daerah, untuk menyesuaikan dengan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini, bangun pemuda satukan Indonesia,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Sutrisno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here