Produsen Miras Oplosan yang Tewaskan 3 Pemuda Desa Hulaan Ditangkap

SWARAGRESIK – Petrus Roy Bernardo (37), warga Surabaya diamankan jajaran Polres Gresik dan tim Jatanras Polda Jawa Timur, di sebuah rumah di Pogot Palm Regency, Kelurahan Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Minggu (19/8/2018) malam atau Senin (20/8/2018) dinihari.

Ia ditengarai merupakan pemasok minuman keras (miras) oplosan, yang menewaskan Riko Yakub (23), Andik Kristanto, dan M Fendi Pradana (19), pada Minggu (19/8/2018) pagi. Ketiganya meregang nyawa, usai menenggak miras oplosan yang dilakukan pada Kamis (16/8/2018) petang hingga Jumat (17/8/2018) pagi.

“Kami berhasil mengamankan satu tersangka, yang diduga sebagai penyedia dan pemasok barang, yang menyebabkan tiga orang tewas kemarin,” ujar Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro didampingi Pjs Kasubdit Jatanras Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela, Senin (20/8/2018).

Dalam penggerebekan yang dilakukan, petugas sempat menemukan beberapa bahan yang diduga digunakan oleh tersangka untuk meracik miras oplosan yang dijualnya. Mulai dari essence atau perasa, aspartan yang dibuat sebagai pemanis, stabilizer mineral, atric acid yang biasa digunakan sebagai bahan pemutih pakaian, serta natrium benzoat yang biasa digunakan untuk pengawet makanan. Dengan bahan-bahan ini, kemudian dicampur bersama alkohol dan air.

Selain beberapa bahan untuk pembuat miras tersebut, pihak kepolisian juga mengamankan sejumlah barang bukti lain dalam penggerebekan yang dilakukan. Yakni, satu unit mobil Toyota Sienta dengan nopol L 1859 TH, beberapa unit handphone, juga beberapa alat yang digunakan membantu pengemasan, mulai corong, skrop plastik, hingga jeriken.

Atas perbuatan yang dilakukan, tersangka dijerat pasal berlapis meliputi Pasal 110 junto Pasal 36 junto Pasal 35 ayat (2) undang-undang nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan, Pasal 136 huruf b junto Pasal 75 ayat (1) undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan, serta Pasal 204 KUHP dengan ancaman penjara maksimal seumur hidup, karena tersangka membagikan barang berbahaya dan menyebabkan orang lain meninggal dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here