SD Muhammadiyah GKB Gelar Pemilihan Ketua Kelas Serentak ala Pilkada

SWARAGRESIK – Guna memberikan pendidikan sejak usia dini, SD Muhammadiyah GKB Manyar menyelenggarakan pemilihan ketua kelas secara serentak, dengan proses yang tidak jauh berbeda seperti dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serta Pemilihan Umum (Pemilu).

Dengan para siswa lebih dulu diberikan kesempatan untuk mengajukan calon yang dikehendaki. Kemudian para calon terpilih diberikan waktu untuk menyampaikan visi dan misinya di depan siswa yang lain, persis seperti yang ditemui pada saat masa kampanye.

“Jadi para siswa sendiri yang mengusulkan, mereka yang memilih, dan calon terpilih langsung ditetapkan oleh kepala sekolah,” ujar guru bagian kesiswaan SD Muhammadiyah GKB Manyar, Shofan Hariyanto, Kamis (19/7/2018).

Hanya bedanya, proses pemilihan tidak dilakukan dengan mekanisme pencoblosan, melainkan menggunakan e-voting. Yakni, siswa melakukan pemilihan dari bilik suara dengan menggunakan handphone yang sudah disetel khusus.

“Dengan e-voting, bisa membuat proses pemilihan bisa cepat diketahui. Seperti di Malaysia kemarin, kemenangan Mahathir Muhammad dapat cepat diketahui dengan metode seperti ini. Bukan apa-apa, hanya kan teknologi sudah maju dan itu harus dimanfaatkan,” jelasnya.

Sebuah pengalaman baru yang disambut gembira oleh para siswa. Salah satunya adalah Muhammad Haidir Faruqi, yang duduk di bangku kelas lima. Meski Haidir yang kebetulan dicalonkan menjadi salah satu kandidat ketua kelas oleh rekan-rekannya, mengaku sempat sedikit gugup saat menyampaikan visi dan misi di depan siswa lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here