Sedekah Bumi Ala Desa Kedanyang

SWARAGRESIK – Sebagai bentuk melestarikan peninggalan budaya leluhur, warga Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas, kembali melaksanakan acara sedekah bumi dengan berbagai jajanan dan tumpeng raksasa, Sabtu (4/8/2018).

Dengan agenda ini, sempat dihadiri langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Gresik Mochammad Qosim, Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik Sutrisno, Camat Kebomas Miftahul Huda, serta beberapa petinggi lain di jajaran Pemkab Gresik.

“Saya sangat hormat kepada semua masyarakat Kedanyang, yang sampai saat ini masih tetap melestarikan nilai-nilai luhur masa lalu, yaitu sedekah bumi. Untuk itu di tengah kesibukan saya bersama pak Qosim, kami berdua masih berusaha untuk menyempatkan diri hadir pada acara ini,” ujar Sambari.

Tidak sekedar menghadiri acara, namun Bupati dan Wakil Bupati Gresik juga berkesempatan memikul tumpeng raksasa dengan tinggi mencapai 100 meter. Sajian tumpeng raksasa, berasal dari hasil pertanian warga Kedanyang. Dengan pada puncak acara setelah doa, tumpeng raksasa tersebut lantas diperebutkan oleh seluruh warga desa.

“Kalau jumlah warga desa Kedanyang ada sebanyak 12 RT pada dua RW, atau sekitar 500 jiwa. Namun sejak tumbuhnya beberapa perumahan baru sejak era 90-an, saat ini jumlah penduduk Kedanyang lebih dari 10 ribu jiwa yang terbagi dalam 67 RT di 16 RW,” tutur Kades Kedanyang, Almuah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here