Sedekah Bumi di Sumari Kembali Digelar

SWARAGRESIK – Bersamaan dalam rangka memperingati HUT RI ke-73, warga Desa Sumari, Kecamatan Duduksampean, kembali menggelar sedekah desa sekaligus karnaval keliling kampung, yang diikuti oleh perwakilan dari setiap Rukun Tetangga (RT).

Agenda ini sendiri sempat tidak terlaksana pada tahun sebelumnya, lantaran berbarengan dengan Bulan Ramadhan serta padatnya acara yang ada di desa waktu itu. Kontan saja, warga pun terlihat cukup antusias ketika acara ini akhirnya kembali digelar.

“Tahun kemarin memang tidak sempat, Alhamdulillah pada tahun ini bisa kembali diselenggarakan dan disambut cukup antusias oleh warga,” ujar Kepala Desa Sumari, Muhammad Arif Wijaya, Minggu (19/8/2018).

Pada acara ini, RT 01 mencoba menampilkan hasil kreativitas berupa katak raksasa, yang dipadu dengan rumput asli dan juga kacang panjang, dengan didukung oleh warganya yang kompak mengenakan pakaian olahraga berwarna hijau. Sementara RT 02 mengandalkan ikon berupa buaya raksasa, dengan warganya memilih mengenakan baju adat khas jawa.

Adapun warga RT 03 memilih menggunakan ikon badak raksasa, dengan para warganya yang mengikuti berkeliling kampung meniru gaya para banci. RT 04 A memilih membuat walang (belalang) berukuran besar dan didukung oleh ibu-ibu yang kompak berdandan ala penyihir, sementara RT 04 B memilih nuansa alam dengan mengandalkan ikon berupa burung murai, singa, serta alam pedesaan dalam bentuk replika sawah.

RT 05 mengandalkan kreativitas warga membuat ikon hulk dengan ukuran besar. Pada saat berkeliling kampung, para warga RT 05 baik pria maupun wanita berdandan mewakili berbagai profesi pekerjaan maupun pejuang. Dengan RT 06 A mendapuk ikon dinosaurus, dengan dipadu warganya yang kompak berdandan ala masyarakat Papua. Sedangkan RT 06 B yang tak ingin ketinggalan, memilih ikon kuda dan tampilan seperti ulama wali songo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here