Sembayat Ditetapkan BPJS Ketenagakerjaan Gresik Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial

SWARAGRESIK – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Gresik, menetapkan Sembayat sebagai ‘Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan’. Dengan penandatanganan perjanjian kerjasama telah dilakukan Kepala Desa Sembayat Mohammad Ihsan, dengan Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Gresik Ahmad Fauzie Usman bertempat di Balai Desa Sembayat, Minggu (12/8/2018) kemarin.

Adapun agenda tersebut disaksikan langsung oleh tokoh masyarakat, perangkat desa, pengurus LKMD serta BPD Sembayat, Ketua RW dan RT se-Desa Sembayat. Sementara dari BPJS Ketenagakerjaan cabang Gresik, juga hadir Kepala Bidang Pemasaran Darmawan Basuki.

“Dasar utamanya karena perangkat desa di sini telah sadar dan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan. Para perangkat desa ini, terutama Plt. Kadesnya, memiliki keinginan kuat supaya seluruh masyarakat pekerja di desa ini juga terlindungi oleh jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Fauzie.

Ia lantas meyakini, Desa Sembayat tidak hanya telah menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Gresik, tapi juga bisa di tingkat nasional. Dengan untuk menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, semua aspek desa mulai dari perangkat desa, badan usaha desa (seperti yayasan dan BUMDes), dan seluruh pekerja informal di desa diharapkan tahu, mengerti, sadar, dan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

“Tujuan dari program Desa Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan adalah, supaya seluruh masyarakat mengerti dan sadar, serta segera mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan social, atas resiko kecelakaan kerja dan kematian,” sahut Darmawan.

Adapun Plt. Kepala Desa Sembayat Mohammad Ihsan menyambut baik penetapan desa yang dipimpinnya menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Karena ia melihat manfaat program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sangat penting bagi masyarakat, untuk mencegah kemiskinan akibat resiko kecelakaan kerja dan kematian, serta untuk kesejahteraan di masa tua.