UMKM Gresik Diharapkan Punya Daya Saing

SWARAGRESIK – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto berharap, sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di wilayahnya memiliki daya saing, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan.

Hal itu dikarenakan, lanjut Sambari, daya beli masyarakat akan timbul ketika UMKM memiliki inovasi dan efisiensi usaha, serta beradaptasi dengan perkembangan dan tren bisnis yang ada di kawasan tersebut.

“Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, harus difasilitasi untuk bisa kerjasama dengan ritel modern seperti indomaret, alfamart, alfamidi, dan lain sebagainya. Artinya, beri kesempatan kepada pelaku usaha tersebut untuk bisa berjualan di teras atau halaman swalayan,” ujar Sambari, saat menghadiri seminar UMKM di Ruang Mandala Bhakti Praja Kantor Bupati Gresik, Jumat (28/12/2018).

Seminar tersebut dilaksanakan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik bekerjasama dengan PT. Indomarco Prismatama. Dengan Bupati sempat menyinggung pihak PT. Indomarco Prismatama yang selama ini mengelola swalayan Indomaret, untuk dapat ikut berperan dan memberi kesempatan bagi sejumlah UMKM di Gresik.

Lebih lanjut, Sambari mengatakan, pihaknya siap memberikan rekomendasi melalui melalui Kepala dinas UMKM, agar pelaku UMKM bisa berjualan di teras swalayan. Asalkan, para pelaku usaha juga harus mematuhi standarisasi dan peraturan yang ada.

“Saya tegaskan, yang jualan harus pelaku UMKM asli. Kalau bukan pelaku UMKM, saya tidak setuju. Karena saya menginginkan, agar pelaku UMKM di Gresik dapat sejahtera dengan produk yang dijualnya,” kata dia.